KEUTAMAAN MEMPELAJARI DAN MENGAJARKAN AL-QUR'AN


Rasulullah shallallahualaihiwasallam memotivasi kita untuk mempelajari dan mengajarkan al-Qur'an, sebegaimana sabda beliau:

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur'an dan mengajarkannya ."

Rasulullah shallallahualaihiwasallam juga bersabda:

"Barangsiapa mengajarkan satu ayat dari kitab Allah azzawajalla maka baginya pahala selama ayat itu dibaca.
      Al-Muzani rahimahullahutaala berkata: "Aku mendengar Imam asy-Syafi'i berkata:
'Barangsiapa yang mempelajari al-Qur'an, maka menjadi agunglah kedudukannya.
   Kaum salaf amat perhatian terhadap masalah tersebut, sehingga mereka dengan suka rela mencurahkan waktu dan hidupnya untuk itu, seperti orang tabiin yang bernama Abu abdurrahman as-Sulami. beliau belajar al-Quran dengan sungguh-sungguh kepada Utsman bin Affan, Ali bin Abi thalib , dan Abdullah bin Mas'ud.
    Setelah itu dia menyibukkan diri untuk mengajarkannya kepada manusia selama 40 tahun di Masjid Kufah. Tabiin inilah yang meriwayatkan hadits diatas, seraya menyatakan: "Hadits inilah yang membuatku bertahan duduk ditempat ini."
    Syaikh Salim bin Ied al-Hilali -hafidhahullah- berkata ketika menjelaskan hadits Utsman sebelumnya:
"Pembaca al-Qur'an yang tidak berguru tidak akan sanggup membacanya (dengan benar) karena didalamnya berhubungan dengan tajwid, hukum-hukum dan ilmu-ilmu lainnya; semua itu membutuhkan bimbingan seorang guru. Karena itu, belia (Nabi -shallallahualaihiwasallam- menganjurkan kita agar mempelajarinya dari ahlinya, dan menganjurkan orang yang telah mempelajarinya agar mengajarkannya. Tentu satu hal tersebut sangat bergantung pada orang yang mengajarkannya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan bijak. Belajar Quran Mudah dan Menyenangkan. Semoga Bermanfaat.