Saat Umur Berapakah Anda pertama kali khatam membaca Al Qur'an?

Profil Pembina

videografi Ustadz Yudi Imana


Breaking News

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR'AN

Membaca Al-Qur'an adalah ibadah yang mempunyai banyak keutamaan. Diantaranya yaitu:

1. Perniagaan Yang Tidak Pernah Merugi

Allah subhanahu wataala berfirman:

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (al-Qur'an) dan melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rizqi yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah maha Pengampun, Maha Mensyukuri." (QS. Fathhir 35: 29 -30)

Dalam ayat ini Allah menjanjikan kepada ahlul Qur'an (para pembaca Al-Quran yang mengamalkannya) pahala yang besar, dan Dia memberikan tambahan kepada mereka karunia yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh-Nya. sungguh beruntunglah orang--orang yang disifati sesuai dengan ayat tersebut.

Terkait dengannya , Imam Qatadah rahimahullahuta'ala berkata: "Mutharrif, jika membaca ayat ini, berkata: 'Ini adalah ayat para qari'."

Imam al-Qurthubi berkata tentang ayat diatas: "Ini adalah ayat para qari yang mengamalkannya (isinya) dan memahminya ."

2. Memperoleh Pahala Yang Banyak

Ibnu Mas'ud radiyallahuanhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahualaihiwasallam bersabda:

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur'an maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf."

3. Mendapatkan Syafaat Pada Hari Kiamat

Rasulullah Shallallahualaihiwasallam bersabda:






" Bacalah al-Qur'an, sesungguhnya ia pada hari kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya."



4. Sebagai Kebaikan Pada Pembacanya



Hal ini berlaku baik bagi yang sudah mahir maupun yang sudah terbata-bata.


Rasulullah Shallallahualaihiwasallam bersabda:

"Orang yang mahir membaca al-Qur'an maka dia bersama-sama dengan malaikat yang mulia dan taat, sedangkan yang membaca al-Qur'an dengan terbata-bata dan merasakan kesulitan maka baginya dua pahala.

5. Pencapaian Anugerah Yang Lebih Baik Daripada harta Dunia 

Uqbah bin Amir radiyallahuanhuberkata: Rasulullah Shallallahualaihiwasallam keluar dan kami berada di Shuffah saat itu saat itu, lalu beliau bersabda: 'siapa diantara kalian yang suka setiap hari pergi ke Lembah Buth-han  atau lembah Aqiq kemudian pulang membawa dua unta yang gemuk tanpa berbuat dosa dan tanpa memutuskan hubungan silaturrahim?'

Kami menjawab: 'Wahai Rasulullah, kami menginginka hal tersebut.'

Belia bersabda: 'Tidakkah salah satu diantara kalian pergi ke masjid kemudian mempelajari atau membaca dua ayat dari Kitabullah sebab hal itu lebih baik baginya daripada mendapatkan dua unta, 3 ayat lebih baik 3 unta, 4 ayat lebih baik daripada 4 unta dan dari sekian jumlah ayat maka itu lebih baik daripada sekian jumlah unta.'





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar dengan bijak. Belajar Quran Mudah dan Menyenangkan. Semoga Bermanfaat.

Designed By VungTauZ.Com